Posisi Sandy Walsh bersama Timnas dan Komentar Shin Tae-yong

Sandy Walsh – Foto: PSSI

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong kembali memainkan Sandy Walsh bukan di posisi regulernya saat bermain bersama KV Mechelen di Liga Belgia, yakni bek kanan.

Pada pertandingan debut bersama Timnas, melawan Turkmenistan pada 8 September 2023 di Surabaya, Shin Tae-yong memainkan Sandy Walsh sebagai bek tengah.

Sandy Walsh bermain di posisi bek tengah sisi kanan ketika Timnas tampil dengan formasi 3-4-3 di babak pertama. Di babak kedua, saat Garuda beralih ke formasi 4-4-2, Sandy Walsh berduet dengan Jordi Amat di jantung pertahanan.

Sandy Walsh bermain 72 menit di pertandingan ini.

Pada pertandingan melawan Brunei Darussalam dalam leg 1 babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 12 Oktober 2023, Sandy Walsh dimainkan oleh Shin Tae-yong sebagai gelandang tengah.

Sandy Walsh beberapa kali mengisi posisi bek kanan, posisi regulernya bersama KV Mechelen, ketika Asnawi Mangkualam bermain di sentra lini tengah.

Di babak kedua, setelah Ricky Kambuaya menggantikan Marc Klok, Sandy Walsh lebih banyak berperan sebagai gelandang bertahan, bermain di belakang Ricky Kambuaya.

Meski demikian Sandy Walsh tetap menyerang ketika ada kesempatan. Salah satu aksinya masuk ke kotak penalti menghasilkan hukuman penalti untuk Timnas di menit 62.

Bagaimana komentar Shin Tae-yong?

“Sandy Walsh memang di tim posisinya full bek kanan. Saya memang mencoba Sandy sebagai gelandang karena untuk antisipasi ketika kita bertemu lawan yang lebih kuat dari Timnas. Itu yang saya pikirkan,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers di Stadin Utama GBK pada Kamis (12/10/2023).

“Posisi Sandy tadi memang sudah pernah dia mainkan, tapi itu 10 tahun yang lalu katanya. Saya melihat masih banyak kekurangan dan saya berharap Sandy bisa lebih baik,” ujar Shin Tae-yong.

error: Content is protected !!