Komentar Shin Tae-yong setelah Pertandingan Final Piala AFF U23

Foto: Kamustimnas.com

Timnas U23 menyelesaikan turnamen Piala AFF U23 di posisi runner-up setelah kalah melalui adu penalti dari Vietnam. Berikut beberapa komentar Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah final di Rayong Pronvincial Stadium (26/8/2023)

Komentar mengenai pertandingan final.
Pertama, terima kasih kepada seluruh pemain kedua tim, Vietnam dan Indonesia. Selamat kepada Vietnam karena telah memenangi turnamen ini. Terima kasih banyak untuk upaya semua pemain, benar-benar kerja yang luar biasa selama 120 menit.
Ada satu hal yang ingin saya tegaskan di sini. Jika AFF ingin para pemain di Asia Tenggara berkembang maka kita harus memikirkan satu hal. Saya tidak ingin menyebutkan, tapi beberapa keputusan dari wasit tidak banyak membantu para pemain. Pemain telah berupaya keras, tapi jika penilaiannya salah, selalu salah, dan membuat keputusan yang keliru, itu tidak bagus dan juga itu akan menghambat perkembangan pemain meskipun mereka telah berusaha keras.

Apa alasan yang membuat terjadi perubahan di daftar sebelas pemain pertama?
Hanya sedikit pemain yang tersedia, sekitar 14-15 pemain lapangan saja. Kami tentu ingin memenangkan pertandingan di waktu normal, tetapi kami juga harus mempertimbangkan apakah pertandingan ini akan sampai babak perpanjangan waktu atau tidak. Karena alasan itulah saya membuat 11 pemain pertama terbaik.
(Setelah Irfan Jauhari dan Bagas Kaffa, selanjutnya Muhammad Kanu yang absen karena cedera).

Secara keseluruhan bagaimana penampilan Timnas U23 di Piala AFF U23?
Kami sebenarnya baru memulai pemusatan latihan setelah kami tiba di Thailand. Setelah itu, kita bisa melihat dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya para pemain terus berkembang,
Saya sangat senang melihat penampilan pemain dan kita juga mendapat pelajaran dari turnamen ini. Kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk Kualifikasi Piala Asia AFC U23.

Kapan pemusatan latihan untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia AFC U23 akan dimulai?
4 September (2023)

Foto: Kamustimnas.com

Kiper Daffa Fasya mengenakan jersey pemain lapangan
Kami hanya memiliki lima pemain cadangan fit. Tentu saja kami harus bersiap jika pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu dan kami hanya bisa melakukan satu pergantian pemain lapangan lagi. Itulah alasannya. Vietnam sendiri memiliki lebih banyak pilihan pemain pengganti. Jadi, ketika ada masalah di lapangan kami harus melakukan perubahan secara cepat. Jadi itulah alasannya.

Penunjukkan kiper Ernando Ari sebagai eksekutor di babak adu penalti.
Ernando adalah seorang pemain yang percaya diri. Penampilannya juga hebat. Dalam sesi-sesi latihannya dia beberapa kali melakukannya dengan baik. Itulah kenapa saya menunjuknya. Dia gagal, tapi mohon dukung dia. Jangan menyalahkan dia atau lainnya.

error: Content is protected !!