Timnas U23 Akan Mengandalkan Pemain yang ada di Piala AFF U23

Foto: Kamustimnas.com

Manajer Timnas U23 Endri Erawan mengatakan bahwa Garuda Muda tidak akan mendatangkan pemain pengganti jika Komang Teguh dan Titan Agung tidak boleh bermain di Piala AFF U23 2023.

Pada Senin (14/8/2023), PSSI mendapat surat pengingat dari AFC bahwa Timnas U23 memiliki pemain yang mendapat hukuman tidak boleh bermain di pertandingan persahabatan. Piala AFF U23 adalah turnamen tidak resmi FIFA sehingga dinilai sebagai pertandingan persahabatan.

Komang Teguh dan Titan Agung mendapat hukuman dari AFC tidak boleh bermain dalam enam pertandingan persahabatan menyusul keributan di pertandingan final SEA Games Kamboja 2023.

“Kami juga kaget, tiba tiba pada tanggal 14 (Agustus) mendapat surat dari AFC, mengenai mengingatkan kita bahwa ada hukuman untuk dua pemain kita, karena selama ini sejak 2 Agustus kami sudah kirim surat ke AFC untuk mendapatkan konfirmasi mengenai dua pemain ini yang akan kita bawa, termasuk juga dengan Taufanny (Muslihuddin) karena dia masuk daftar 40 pemain, namun belum ada jawaban,” kata Endri Erawan kepada media termasuk Kamustimnas.com, di Stadion Nonglalok Rayong pada Kamis (17/8/2023) malam.

“Ternyata dalam surat AFC (Pada tanggal 14 Agustus), (Pertandingan di Piala AFC U23), diangap sebagai pertandingan persahabatan karena bukan dalam kalender FIFA.,” ujar Endri Erawan.

Kata Manajer Timnas U23, PSSI sudah membalas surat dari AFC dan memberi penjelasan.

“Kami menjelaskan kepada AFC bahwa ini adalah turnamen resminya Asia Tenggara, dan hari ini (17 Agustus) sudah dibalas dan sedang dipelajari oleh bagian legal PSSI, apakah dalam surat itu membolehkan Titan dan Komang bermain atau tidak,” jelas Endri Erawan.

“Setelah itu kami akan koordinasi dengan match commissioner di turnamen ini, karena match com bilang itu tergantung dari AFC. Kalau AFC bilang boleh ya mereka main, tapi kalau AFC bilang tidak boleh ya mereka tidak bisa main. Malam ini kami akan diskusikan lagi dengan bagian legal PSSI dan juga coach Shin Tae-yong,” ujar Endri Erawan.

Foto: Kamustimnas.com

Endri Erawan mengatakan bahwa Timnas U23 tidak akan mendatangkan pemain pengganti jika kedua pemain benar-benar tidak bisa tampil di Piala AFF U23.

Kata Endri Erawan, pelatih Shin Tae-yong menyatakan akan mengandalkan pemain yang ada.

Endri Erawan menyebut bahwa batas pendaftaran 23 pemain untuk Piala AFF U23 adalah delapan jam sebelum kick-off pertandingan pertama.

“Delapan jam sebelum kick-off, jadi kita masih bisa mengubah 23 pemain. Setelah itu tidak boleh berubah lagi,” ujarnya.

“Jika mereka tidak bisa main, karena waktunya mepet, Coach Shin bilang ya sudah kita bertanding dengan 21 pemain, tetapi kami berharap Titan dan Komang bisa bermain,” ucap Endri Erawan.

Dalam latihan pada Kamis malam (17/8/2023), Komang Teguh dan Titan Agung masih terlibat dalam latihan taktik.

Timnas U23 akan melawan Malaysia di pertandingan pertama Grup B Piala AFF U23 pada Jumat malam (18/8/2023) pukul 20.00 WIB di Rayong Provincial Stadium.

error: Content is protected !!