Bima Sakti Menjelaskan Pekan Pertama TC Timnas U17

Foto: Kamustimnas.com

Timnas Indonesia U17 sudah satu pekan menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta untuk persiapan Piala Dunia FIFA U17 2023.

Pemusatan latihan Garuda Muda dimulai pada Minggu (9/7/2023). Meski demikian, Timnas U17 baru tiga hari menjalani latihan di lapangan sepak bola.

Pelatih Bima Sakti menjelaskan alasannya dan tahapan-tahapan yang sudah dilewati Timnas U17 pada pekan pertama TC.

“Untuk materi latihan hari ini (Sabtu 15 Juli 2023), memang setiap hari Sabtu akan ada internal game. Ini sebenarnya kami baru dua hari latihan (di lapangan),” jelas Bima Sakti pada Sabtu siang di Lapangan A Kompleks GBK Senayan Jakarta.

“Kami mulai berkumpul pada hari Minggu (9/7/2023). Kemudian tanggal 10 (Juli) tim belum ke lapangan. Kami masih mengambil data awal dari semua 33 pemain, di luar Welber Jardim yang belum hadir,” kata Bima Sakti.

Foto: PSSI

“Tim menjalani tes kesehatan. Ini yang paling penting karena kami harus mengetahui kondisi pemain setelah sekian lama tidak bersama-sama, terakhir pada Oktober (2022) di Kualifikasi Piala Asia U17. Setelah itu kami tidak pernah bertemu lagi. Kami mengambil data awal kesehatan mereka,” ujar Bima Sakti.

“Kemudian siangnya tim menjalani tes di medical center PSSI. Kami juga ingin tahu kondisi otot mereka, apa yang menjadi kekurangan, apa yang sudah bagus harus dipertahankan dan ditambah lagi,” ucap mantan kapten Timnas itu.

“Hari Selasa (11/7/2023) psikotes, dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Tes selama satu hari karena kami ingin benar-benar hasilnya baik dan valid, karena kalau latihan dulu, saya tanya ke para psikolog, hasilnya juga berpengaruh. Pemain dalam kondisi capai dan konsentrasi pemain terganggu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan, hasilnya kurang maksimal,” jelas Bima Sakti.

Foto: Kamustimnas.com

“Hari Rabu tim menjalani tes awal di gym. Jadi kekuatan Muhammad Iqbal pasti akan berbeda dengan kekuatan Kafiatur Rizky atau Arkhan Kaka. Jadi angkatan pertama, kedua, dan ketiga mereka kami ambil datanya,” terang pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U16 2022 itu.

“Kemudian baru pada hari Kamis (13/7/2023) tim latihan di lapangan. Latihan adaptasi. Hari Jumat kemarin juga (sama menunya),” kata Bima Sakti.

error: Content is protected !!