Kesempatan Pemain di Atas U23 pada FIFA Matchday September

Foto: PSSI

Dalam konferensi pers di Jakarta pada Jumat (23/6/2023), Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan Timnas senior akan main di FIFA Matchday September 2023.

Erick Thohir memberi sinyal ada kemungkinan pemain-pemain U23 (Kelahiran tahun 2001 dan setelahnya) fokus ke Timnas U23, tidak ke Timnas senior yang akan tampil pada FIFA Matchday periode 4 sampai 12 September 2023.

Pada periode yang hampir sama Timnas U23 tampil di Kualifikasi Piala Asia AFC U23 2024 sekaligus Kualifikasi Olimpiade 2024. Garuda Muda melawan Taiwan pada 9 September 2023 dan Turkmenistan pada 12 September 2023 di Solo.

“Untuk September ini kita menjadi tuan rumah AFC U23 di Solo. Kalau kita lihat kemarin saat melawan Argentina, ada enam pemain kita yang U23. Ada Elkan Baggott, Rizky Ridho, Rafael Struick, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, dan ada Pratama Arhan,” kata Erick Thohir.

Sebenarnya ada satu pemain lagi, yakni kiper Ernando Ari.

“Artinya ini generasi emas kita. Bayangkan dari 11 (starter) ada enam pemain U23. Ini yang benar-benar harus kita atur. Jangan sampai generasi emas kita ini jadi over use atau dipaksakan main terus nanti ada yang cedera,” ujarnya.

Stefano Lilipaly – Foto: PSSI

PSSI berharap pelatih Timnas senior dan Timnas U23 dapat menahan ego masing-masing. PSSI akan membuat keputusan dengan hati-hati. Namun, Erick Thohir menyebut dirinya lebih memilih ke event U23.

“Ingin masuk Olimpiade? Ingin. Namanya juga nyoba. Ini kita harus mengerti. Ini ada tahapan, ada rencana. Kalau saya lebih milih AFC U23, abis itu main pada Mei (Putaran final kualifikasi), siapa tahu main Olimpiade. Ini yang kita harus membuat keputusan secara jernih,” kata Erick Thohir.

Jadi, jika pemain U23 langganan Timnas senior difokuskan ke Timnas U23 pada September nanti, berarti FIFA Matchday September menjadi kesempatan bagi para pemain ‘senior’ (di atas U23) untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Pada FIFA Matchday Juni 2023 lalu ada beberapa pemain ‘senior’ yang tidak mendapat kesempatan bermain, seperti bek Fachruddin Aryanto dan Andy Setyo serta gelandang serang Stefano Lilipaly.

error: Content is protected !!