Permintaan Pelatih Timnas U22 saat Situasi Kritis di Final SEA Games 2023

Foto: PSSI

Pelatih Indra Sjafri mengungkap instruksi yang diberikan tim pelatih Timnas U22 saat situasi kritis di final SEA Games 2023 pada Selasa malam (16/5/2023) di Stadion Olimpiade Phnom Penh Kamboja.

Timnas U22 bisa saja kehilangan momentum setelah Thailand berhasil menyamakan kedudukan 2-2 di menit-menit akhir babak kedua.

Fokus Garuda Nusantara bisa saja terganggu. Sebabnya, Timnas U22 sudah mampu unggul 2-0 melalui gol Ramadhan Sananta di menti ke-20 dan 45+3’.

Namun Thailand berhasil bangkit. Thailand mampu mencetak gol pada menit 65 melalui Anan Yodsangwal dan pada menit 90+7’ melalui Yotsakon Burapha.

Awal babak perpanjangan waktu menjadi situasi kritis bagi Timnas U22. Sebaliknya kepercayaan diri Thailand naik. Lawan mendapatkan second wind.

Foto: PSSI

Pada masa istirahat menjelang babak pertama perpanjangan waktu, Indra Sjafri dan tim pelatih meminta pemain untuk tetap fokus, sabar, kompak, dan tidak memberi kesempatan lawan untuk mengembangkan permainan.

“Dalam keadaan kritis seperti itu, saya hanya bicara ke pemain untuk tetap fokus, sabar dan kompak, menjalankan apa yang kami minta,” ujar Indra Sjafri dalam konferensi pers setelah pertandingan final.

“Saya minta (untuk) main, jangan pernah memberi kesempatan kepada lawan untuk berkembang lagi. Tadi ada sekitar 10-15 menit mereka berkembang dan akhirnya mereka mengejar menjadi 2-2. Tapi setelah itu kita memenangkan pertandingan,” kata Indra Sjafri.

Beberapa menit setelah babak perpanjangan waktu mulai, Irfan Jauhari sukses memanfaatkan kesalahan di pertahanan Thailand.

Foto: PSSI

Setelah unggul 3-2, Timnas U22 mengikuti perintah pelatih untuk tidak memberi kesempatan Thailand berkembang.

Kehilangan Komang Teguh yang mendapat kartu merah tidak mengganggu penampilan Timnas U22. Sebabnya satu pemain Thailand juga mendapat satu kartu merah dalam insiden keributan setelah gol Irfan Jauhari.

Thailand semakin kesulitan setelah mendapat kartu merah lagi di menit 102 dan 118. Garuda Nusantara kemudian menambah gol lagi melalui Fajar Fathur Rahman di menit 107 dan Beckham Putra di menit 120.

Indonesia juara SEA Games untuk pertama kali setelah 32 tahun dengan kemenangan skor fantastis 5-2 di final.

error: Content is protected !!