Pertandingan Timnas di SEA Games 2023 Gratis, tapi Suporter Harus Punya Tiket

Foto: Kamustimnas.com

Pemerintah Kamboja sejak jauh hari menyatakan bahwa semua pertandingan di SEA Games 2023 gratis. Namun untuk masuk ke arena pertandingan tidaklah mudah.

Penonton, baik dari warga lokal maupun suporter dari luar negeri, harus memiliki tiket yang dibagikan gratis. Masalahnya, untuk mendapatkan tiket gratis itu tidaklah mudah.

Untuk mendapatkan tiket penonton harus mendaftar di aplikasi mobile atau di beberapa titik pembagian tiket. Setelah mendaftar akan mendapatkan QR Code, yang dapat ditukarkan dengan dua tiket.

Titik pengambilan tiket sepak bola SEA Games di National Olympic Stadium Phnom Penh Kamboja pada Senin 1 Mei 2023 – Foto: Kamustimnas.com

Jangan berpikir menonton pertandingan Timnas Indonesia akan mudah karena tidak melibatkan tim tuan rumah. Faktanya panitia tidak menyediakan tiker per pertandingan.

Tiket berlaku untuk satu hari pertandingan. Sebagai contoh pertandingan pertama Grup A SEA Games pada 29 April 2023. Tiket berlaku untuk pertandingan Indonesia melawan Filipina dan Kamboja melawan Timor Leste.

Warga lokal yang ingin mendapatkan tiket pertandingan sepak bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium Phnom Penh Kamboja pada Senin 1 Mei 2023 – Foto: Kamustimnas.com

Jadi, datang ke stadion tanpa tiket dan bilang hanya mau menonton pertandingan pertama Timnas Indonesia, tetap tidak boleh masuk ke dalam Olympic National Stadion.

Masalahnya, tiket untuk pertandingan pertama pada 29 April 2023 sudah habis dengan cepat pada beberapa hari sebelumnya.

Tuan rumah Kamboja pada akhirnya mengakui sistem pembagian tiket ini menyulitkan warga asing yang datang ke Kamboja untuk mendukung atlet negaranya.

Suporter Indonesia di National Olympic Stadium Phnom Penh Kamboja pada 29 April 2023. Foto: Kamustimnas.com

Dikutip dari Khmer Times edisi 1 Mei 2023, Jenderal Sao Sokha yang juga menjabat sebagai Presiden Federasi Sepak bola Kamboja, mengumumkan nomor khusus bagi orang asing untuk mendapatkan tiket pertandingan sepak bola SEA Games, yakni di nomor (+855) 012363636.

Cara mudah bagi suporter Indonesia untuk mendapatkan tiket adalah mengontak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kamboja. Pada pertandingan pertama tanggal 29 April 2023, koordinator suporter Indonesia mendapatkan 750 lembar tiket.

Sebanyak 750 lembar tiket itu kemudian dibagikan kepada orang Indonesia yang datang ke National Olympic Stadion. Saat itu tiket dibagikan sekitar satu setengah jam sebelum pertandingan Timnas dimulai.

error: Content is protected !!