Haykal Alhafiz dari Liga 2 ke Timnas SEA Games

Foto: Kamustimnas.com

Pemain Timnas SEA Games 2023, Haykal Alhafiz, sejak April 2023 ini berstatus milik PSIS, tetapi sebelumnya dia bermain di klub Liga 2 bersama Persikab dan keberadaannya di TC menjadi sorotan.

Haykal Alhafiz mampu bersaing dengan pemain-pemain klub Liga 1 yang rutin bertanding dan berlatih sepanjang musim 2022-2023. Bek kiri asal Sidoarjo ini hanya sebentar tampil di kompetisi karena Liga 2 dihentikan di tengah jalan.

Haykal Alhafiz bermain enam kali dari tujuh pertandingan Persikab sebelum Liga 2 berhenti pada Oktober 2022. Bek kiri kelahiran 24 Maret 2001 ini bermain penuh dalam lima pertandingan tim Laskar Dalem Bandung.

Haykal Alhafiz terkahir kali tampil pada 27 September 2022 saat Persikab bertemu Persijap, tapi pemain Jawa Timur di PON 2020 di Papua pada Oktober 2021 ini hanya bermain 23 menit.

Lima bulan tidak bermain di kompetisi resmi (Liga 2), Haykal Alhafiz mampu bersaing di seleksi Timnas SEA Games 2023 pada Maret 2023 di Jakarta. Dia terus bertahan sampai akhirnya masuk daftar 20 pemain yang dibawa ke Kamboja.

Pelatih Timnas U22 Indra Sjafri menyebut Haykal Alhafiz mampu bertanggungjawab terhadap profesi yang dia tekuni sehingga kondisinya tetap terjaga.

Foto: PSSI

“Ya jadi memang ada individu pemain yang dari hatinya di sepak bola. Tidak ada pertandingan kompetisi, dia tetap latihan. Karena memang latihan bisa dilakukan sendiri, terutama untuk menjaga kebugaran,” ujar Indra Sjafri kepada wartawan di Hotel Sultan Jakarta pada Jumat sore (21/4/2023).

“Itu yang mungkin dilakukan oleh pemain-pemain yang komitmennya terhadap sepak bola benar-benar bagus, dan itu ada dalam diri Haykal,” sebut Indra Sjafri.

Sebelum terpilih masuk skuad SEA Games 2023, tim pelatih sudah menunjukkan kepercayaan terhadap kemampuan Haykal Alhafiz. Sebagai bukti, dia menjadi starter di laga uji coba melawan Bhayangkara FC (11/4) dan Lebanon (14/4).

Haykal Alhafiz juga tampil sebagai pemain pengganti di pertandingan uji coba kedua melawan Lebanon (16/4).

“Haykal menunjukkan Liga 2 juga berkontribusi dan dia membuktikan bisa tembus. Itu dengan beberapa kali uji coba, dengan konsistensinya, mungkin hampir semua orang sepakat dia masuk (skuad SEA Games),” kata Indra Sjafri.

error: Content is protected !!