Peringkat FIFA Lebih Baik, tapi Timnas Putri di Dasar Klasemen Kualifikasi Olimpiade

Foto; PSSI

Timnas putri Indonesia berada di posisi kedua dalam daftar ranking FIFA di antara tiga peserta Grup F Babak Pertama Kualifikasi Olimpiade 2004 Zona AFC.

Taiwan menjadi yang terbaik dengan berada di peringkat 37 rangking FIFA edisi Maret 2023. Setelah itu Indonesia di urutan ke-99 dan Lebanon di posisi 142.

Namun ranking FIFA tidak selamanya menjadi jaminan kalau tim dengan peringkat lebih baik pasti akan menang saat bertemu tim yang ada jauh di bawahnya.

Buktinya, Timnas putri menyerah telak 0-5 dari Lebanon pada 8 April 2023 di Stadion Fouad Chehab, Jounieh, Lebanon. Pada laga kedua atau terakhir, 11 April 2023, Timnas putri kalah 0-4 dari Taiwan.

Garuda Pertiwi pun berada di dasar klasemen akhir Grup F. Tim asuhan pelatih Rudy Eka Priyambada kemasukan sembilan gol dan tidak mencetak gol dalam dua pertandingan.

Foto: PSSI

“Secara hasil memang tidak jauh berbeda dari pertandingan pertama, namun secara permainan lebih terorganisir. Transisi dari bertahan ke menyerang masih menjadi catatan. Harus sinkronisasi lagi antar berbagai lini agar bisa menghadapi situasi pertandingan seperti ini” ujar asisten pelatih Timnas wanita Yopie Riwoe di laman pssi.org.

Dari komentar tersebut dapat disebut kalau pemain Timnas putri belum kompak dan belum banyak bermain di pertandingan kompetitif.

Tidak perlu membandingkan dengan Taiwan yang masuk dalam enam tim terbaik di Asia. Sepak bola putri di sana sangat hidup. Liga dari level junior sampai senior rutin berputar.

Lebanon? Dalam urusan rutinitas memutar kompetisi sepak bola wanita mereka unggul telak dari Indonesia. Sejak tahun 2007 Lebanon rutin memutar liga wanita setiap musim.

Foto: PSSI

Lebanon juga memutar liga wanita U15, U17, dan U19. Liga wanita U15 berakhir pada Desember 2022 dengan diikuti oleh 12 tim.

Liga Wanita Lebanon U17 diikuti oleh 10 klub dan pada pekan kedua April 2023 ini memasuki hari pertandingan kedua untuk musim 2022-2023.

Pembinaan melalui kompetisi berjenjang yang baik akan menghasilkan tim nasional yang berprestasi. Mengalahkan Indonesia yang memiliki peringkat FIFA jauh lebih baik dengan skor telak 5-0 jelas sebuah prestasi bagus untuk Lebanon.

Indonesia baru pertama kali menggelar Liga 1 putri pada tahun 2019. Namun, setelah itu belum bergulir lagi.

Sepak bola putri di Indonesia hanya mengandalkan turnamen-turnamen, seperti Piala Pertiwi dan Pekan Olahraga Nasional.

Pembenahan jelas harus dilakukan PSSI.

error: Content is protected !!