Semua Pemain Memiliki Kesempatan untuk Dipanggil Timnas

Foto: Kamustimnas.com

Pelatih kepala tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan bahwa dirinya terbuka untuk memanggil siapa pun pemain yang tampil baik di Liga 1.

Pemanggilan Riko Simanjuntak untuk pertandingan lawan Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023 menjadi bukti kalau postur pemain bukan menjadi masalah bagi Shin Tae-yong dalam memanggil seorang pemain.

Selama ini Shin Tae-yong dikenal menginginkan pemain Timnas memiliki fisik dan postur yang baik. Pemain Timnas sering dibawa latihan ke gym agar mereka lebih kuat lagi dalam duel.

Shin Tae-yong ternyata memanggil Riko Simanjuntak, penyerang Persija yang memiliki ukuran tinggi 158 cm dan tubuhnya tidaklah gempal. Dia juga tidak muda, sudah berusia 31 tahun.

Shin Tae-yong melihat performa dan kontribusi pemain untuk tim. Pada periode 8 Januari sampai 16 Maret 2023, Riko Simanjuntak mencetak tiga gol dan empat assist.

Foto: PSSI

“Alasan kenapa kami pilih karena performanya baik di liga. Jadi, kalau pemain baik di liga ya pasti akan terpilih dan saya selalu terbuka,” kata Shin Tae-yong di Stadion PTIK Jakarta pada Senin sore (20/3/2023).

“Untuk meningkatkan peringkat FIFA dan prestasi, saya selalu terbuka (memanggil siapa pun pemain). Saya berharap pemain Indonesia menunjukkan yang terbaik di liga,” tambah Shin Tae-yong.

Menjelang pertandingan melawan Burundi, Shin Tae-yong memanggil sembilan nama pemain yang tidak masuk skuad Timnas ke Piala AFF 2022.

Tiga pemain berasal dari Timnas U20 yang sudah dikenal Shin Tae-yong. Dua pemain dari klub luar negeri yaitu Elkan Baggott dan Shayne Pattynama serta empat pemain yang tampil di Liga 1, yakni Riko Simanjuntak, Yance Sayuri, Stefano Lilipaly, dan Dimas Drajad.

error: Content is protected !!