Beberapa yang Menarik Dinanti dari Timnas Melawan Burundi

Foto: PSSI

Timnas akan kembali bermain pada 25 dan 28 Maret 2023. Indonesia melawan peringkat 141 dunia Burundi. Ada beberapa hal yang menarik dinanti dari Timnas pada FIFA Matchday melawan tim peringkat 42 di Afrika itu.

Jordi Amat-Elkan Baggott
Belum diketahui apakah Shin Tae-yong akan bermain dengan dua atau tiga bek tengah. Yang jelas suporter Garuda menantikan penampilan bersama yang pertama kali dari dua ‘bek Eropa’, Jordi Amat dan Elkan Baggott.

Seharusnya mereka berdua bisa bermain bersama di Piala AFF 2022, tapi hanya Jordi Amat yang tampil. Empat penampilan pertama bek kelahiran Spanyol itu bersama Timnas tidak mengecewakan meski Garuda kandas di semifinal.

Elkan Baggott tidak bisa tampil di Piala AFF 2022 karena klub Cheltenham Town tidak melepasnya, mengingat kejuaraan bergengsi di ASEAN itu tidak masuk kalender FIFA.

Foto: PSSI

Debut Shayne Pattynama
Satu lagi pemain keturunan yang telah dinaturalisasi akan debut bersama Timnas Indonesia. Dia adalah Shayne Pattynama yang resmi menjadi warga negara Indonesia pada Januari 2022.

Shayne Pattynama adalah salah satu pemain yang dipilih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi. Jadi, Shin Tae-yong kemungkinan besar akan memainkannya melawan Burundi.

Pertanyaannya, di posisi mana Shin Tae-yong akan memainkan pemain milik klub Viking FK Norwegia itu?

Posisi utama Shayne Pattynama adalah bek kiri. Di skuad Timnas sekarang ada banyak bek kiri, yakni Pratama Arhan, Edo Febriansyah, Yance Sayuri, dan Dony Tri Pamungkas.

Laman Transfermark.com menyebut Shayne Pattynama juga bisa bermain sebagai gelandang sentral. Apakah Shin Tae-yong akan menempatkannya di posisi itu?

Foto: PSSI

Penampilan Stefano Lilipaly
Saat Shin Tae-yong mengumumkan skuad untuk melawan Burundi, tidak sedikit yang mempertanyakan kenapa nama Stefano Lilipaly tidak masuk.

Stefano Lilipaly akhirnya masuk menggantikan Egy Maulana yang belum pulih. Sebuah kesempatan untuk gelandang serang dan winger kelahiran Arnhem Belanda ini.

Dalam FIFA Matchday melawan Bangladesh pada 1 Juni 2022, Shin Tae-yong memasang Stefano Lilipaly sebagai gelandang serang, posisi nomor 10.

Saat Kualifikasi Piala Asia AFC 2023 melawan Kuwait pada 8 Juni 2022, Shin Tae-yong memainkan Stefano Lilipaly sebagai penyerang tengah utama, posisi nomor sembilan.

Stefano Lilipaly tidak mencetak gol dalam tiga penampilan bersama Timnas pada Juni 2022. Setelah itu Shin Tae-yong tidak memanggilnya lagi untuk FIFA Matchday September 2022 dan Piala AFF 2022.

Sekarang kesempatan datang lagi untuk pemain Borneo FC itu.

error: Content is protected !!