Mental Timnas U20 Dapat Pujian, tapi Harus Lebih Lagi Saat Lawan Uzbekistan

Foto: AFC

Pelatih Suriah U20 Mark Wotte menyebut Timnas Indonesia U20 bermain dengan mental yang kuat saat kedua tim bertemu pada 4 Maret 2023 di Stadion Dinamo Tashkent Uzbekistan.

Pertandingan kedua Grup A Piala Asia AFC U20 2023 itu berakhir dengan kor 1-0 untuk Indonesia. Gol Timnas U20 dicetak oleh Hokky Caraka pada menit ke-34.

Saat sesi tanya jawab dalam konferensi pers setelah pertandingan pada 4 Maret 2023 lalu, Mark Wotte tiba-tiba berbicara mengenai penampilan Timnas U20 sebelum pemandu acara mempersilahkan wartawan mengajukan pertanyaan berikutnya.

“Mereka bermain dengan mental yang kuat. Mereka tim yang kuat. Mereka bermain sesuai dengan kemampuan mereka. Selamat untuk Indonesia, tapi saya harus memikirkan tim saya sendiri. Tim saya bisa bermain jauh lebih baik dari ini,” kata pelatih asal Belanda itu.

Kekuatan mental yang membawa Timnas U20 mampu mengalahkan Suriah. Hampir sepanjang babak kedua pertahanan Garuda Muda mendapat tekanan, tapi para pemain mampu berjuang hebat memberi perlawanan dan mempertahankan keunggulan 1-0.

Berikutnya mental Timnas U20 harus lebih kuat lagi. Sebab lawan berikut pada 7 Maret 2023 adalah tuan rumah Uzbekistan yang selalu menang di dua pertandingan awal, 2-0 atas Suriah dan 1-0 atas Irak.

Suporter Uzbekistan akan memenuhi Stadion Istiqlol di kota Fergana yang berkapasitas sekitar 20.000 penonton. Sebelumnya saat Uzbekistan melawan Suriah dan Irak di Stadion Bunyodkor Tashkent, stadion penuh dengan suporter tuan rumah.

Kembali ke Mark Wotte. Dia sangat kecewa dengan penampilan Suriah U20. Kalimat pertama yang keluar dari mantan pelatih Belanda U19 dan U21 itu saat konferensi pers adalah:

“Penampilan yang sangat tidak diharapkan dari tim saya”.

“Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Indonesia, menurut saya kami kalah karena diri kami sendiri. Kami membuat begitu banyak kesalahan di babak pertama. Saya tidak bisa percaya melihat tim saya bermain seperti itu,” kata Mark Wotte.

error: Content is protected !!