Perjalanan Hugo Samir di Timnas Junior Sampai Sejauh Ini

Foto: PSSI

Hugo Samir mencuri perhatian setelah Timnas U20 melakukan pertandingan uji coba melawan Persija Youth pada 11 Februari 2023 di Lapangan A Kompleks GBK Jakarta.

Hal tersebut tidak lepas dari unggahan Hamdan Hamedan, yang dikenal sebagai orang kepercayaan PSSI dalam mengurus naturalisasi pemain keturunan di Eropa, dalam akun instagramnya @hamdan.hamedan.

“Jujur ada beberapa pemain yang bermain baik di game ini. Salah satunya menurut saya adalah Hugo,” tulis Hamdan Hamedan.

Hamdan Hamedan lalu menyebut Hugo Samir bermain sebagai sayap kiri, mencetak satu gol, beberapa kali menciptakan peluang lewat umpan dan dribelnya, serta bermain gigih.

Unggahan Hamdan Hamedan ini mendapat like lebih dari 5000 dan ada lebih dari 250 komentar.

Lalu, siapa Hugo Samir?

Hugo Samir adalah salah satu dari enam pemain dalam skuad TC Timnas U20 sekarang yang tidak mengikuti TC Garuda Muda di Eropa pada Oktober-November 2022.

Namun Hugo Samir bukanlah nama baru dalam daftar pemain tim nasional junior era pelatih Shin Tae-yong.

Putra mantan penyerang Liga Indonesia asal Brasil, Jacksen F. Tiago ini mendapat panggilan mengikuti seleksi tahap ketiga Timnas U18 pada 13-18 September 2021 di Stadion Madya Senayan Jakarta.

Ketika itu Hugo Samir berstatus pemain tim EPA Bhayangkara FC. Sekarang pemain kelahiran Surabaya pada 5 Januari 2005 ini berstatus sebagai pemain tim EPA Persis.

Hugo Samir gagal lolos seleksi di Timnas U18. Namanya tidak ada dalam daftar pemain untuk mengikuti TC Timnas U18 di Antalya Turki pada November 2021.

Saat TC Timnas U18 di Turki, pada akhir November 2021, Hugo Samir mendapat hukuman tidak boleh bermain selama 12 bulan dari Komdis PSSI.

Hugo Samir mendapat hukuman karena menendang wasit dalam pertandingan kompetisi Elite Pro Academy U18 melawan Persebaya pada 28 Oktober 2021.

Nama Hugo Samir pun kemudian tidak ada dalam daftar-daftar pemain yang dipanggil Shin Tae-yong di sepanjang tahun 2022.

Sekarang, setelah lepas dari hukuman dan tampil baik bersama tim EPA Persis, Hugo Samir mendapat kepercayaan mengikuti TC Timnas U20 persiapan Piala Asia AFC U20 2023.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!