Pelatih Sementara Timnas U22 Indra Sjafri Menunggu Sampai KLB PSSI

Foto: PSSI

Meski sudah ditunjuk oleh PSSI untuk menjadi pelatih sementara Timnas U22, Indra Sjafri belum mau bicara banyak mengenai Indonesia di SEA Games Kamboja 2023.

“Nanti itu setelah tanggal 16, saya baru bisa petakan,” kata Indra Sjafri menjawab pertanyaan wartawan tentang peluang Indonesia di SEA Games 2023.

Tanggal 16 yang dimaksud Indra Sjafri adalah 16 Februari 2023, waktu digelarnya Kongres Luar Biasa PSSI yang akan menentukan siapa Ketum, Waketum, dan Exco PSSI periode 2023-2027.

Indra Sjafri mengaku bersedia memegang Timnas U22 ke SEA Games karena ingin membantu Shin Tae-yong.

Sejatinya Shin Tae-yong adalah pelatih Timnas Senior, U23, dan U20, tapi karena berdekatan dengan penyelenggaraan Piala Dunia U20, Shin Tae-yong melepas SEA Games.

“Karena ini emergency, dan perlu cepat memberikan nama-nama pemain ke SEA Games dan penetapan ofisial, makanya saya mencoba untuk membantu,” kata Indra Sjafri.

“Walaupun demikian saya harus menunggu dulu, bergerak setelah Kongres PSSI tanggal 16. Karena tak elok rasanya, saya sudah melakukan persiapan dan merancang program untuk menuju SEA Games, mana tahu nanti ada keputusan lain dari pengurus baru,” ujar Indra Sjafri.

Meski menunggu KLB PSSI, pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U19 2013 dan Piala AFF U22 2019 ini tetap bergerak.

“Walaupun saya harus menunggu sampai tanggal 16, saya sudah mulai juga. Pertama tentu dengan coach Shin. Biar bagaimanapun para pemain nanti kan harus kita atur alurnya. Termasuk juga kita harus bicara juga dengan pelatih-pelatih klub,” ucap Indra Sjafri.

Waktu menjadi rintangan besar bagi Indra Sjafri dalam menyiapkan Timnas U22 ke SEA Games 2023.

Liga 1 sedang memasuki fase penentuan juara, dan mungkin saja penentuan degradasi jika ada perubahan di KLB PSSI.

Dengan situasi seperti itu, klub-klub bakal keberatan harus melepas pemain untuk TC SEA Games pada Maret sampai April 2023.

Liga 1 sendiri diperkirakan akan selesai pada sekitar pekan ketiga April 2023, sementara sepak bola SEA Games sudah mulai pada 29 April 2023.

error: Content is protected !!