Enam Bek Tengah Bersaing Jadi Pemain Utama Timnas di Fase Grup Piala AFF 2022

Pelatih kepala tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memanggil tujuh bek tengah untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF 2022 di Bali.

Enam dari tujuh bek tengah akan bersaing secara positif untuk menjadi pemain utama di pertandingan fase grup Timnas di Piala AFF 2022 mulai 23 Desember 2022.

Mereka adalah Andy Setyo, Fachruddin Aryanto, Hansamu Yama, Jordi Amat, Muhammad Ferarri, dan Rizky Ridho.

Satu pemain lagi kemungkinan besar tidak bisa tampil di fase grup, yakni Elkan Baggott yang masih bersama klub Gillingham FC di Inggris.

Dalam keterangan kepada wartawan pada 28 November 2022 di Lapangan Pantai Purnama Gianyar Bali, Shin Tae-yong menyatakan bahwa belum ada kesepakatan, tapi kemungkinan Elkan Baggott baru bisa tampil di babak semifinal atau final.

Timnas senior belum menjalani pertandingan uji coba di Bali. Jadi masih menjadi tanda tanya apakah Shin Tae-yong akan menerapkan skema tiga bek tengah atau empat bek sejajar yang dua diantaranya adalah bek sentral.

Dalam lima pertandingan terakhir, yakni tiga di Kualifikasi Piala Asia 2023 dan dua di uji coba FIFA Matchday lawan Curacao, Timnas senior bermain dengan skema tiga bek tengah (3-4-3).

Shin Tae-yong juga menerapkan sistem serupa di Timnas U20. Namun belakangan dalam TC di Eropa Shin Tae-yong mencoba kembali bermain dengan pola empat bek sejajar.

Apakah perubahan juga akan terjadi di Timnas senior?

Berikut profil singkat enam bek tengah yang sudah mengikuti TC Timnas di Bali

Andy Setyo
25 tahun – 180 cm – Persikabo

Fachruddin Aryanto
33 tahun – 184 cm – Madura United

Hansamu Yama
27 tahun – 181 cm – Persija

Jordi Amat
30 tahun – 184 cm – Johor Darul Ta’zim

Muhammad Ferarri
19 tahun – 179 cm – Persija

Rizky Ridho
21 tahun – 183 cm – Persebaya

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!