Pertadingan Pertama Bernd Fischer sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Pada hari ini, 22 Oktober, di tahun 1981, pelatih tim nasional Indonesia Bernd Fischer menjalani pertandingan pertamanya melawan tim luar negeri.

Tim PSSI Utama, sebutan Timnas senior pada saat itu, memainkan pertandingan persahabatan melawan FC Kairat, klub asal Uni Soviet (sekarang Kairat bermain di Liga Kazakshtan).

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta itu berakhir dengan skor 1-2 untuk tim tamu FC Kairat.

Dalam laporan pertandingan di Majalah Olympic edisi Oktober 1981, pertandingan ini disebut sebagai pertandingan pertama Bernd Fischer sebagai pelatih PSSI Utama (Timnas).

Saat itu Bernd Fiseher belum lama memegang PSSI Utama yang disiapkan untuk tampil di SEA Games Manila pada Desember 1981.

Sebelumnya PSSI Utama dilatih oleh Endang Witarsa dan tampil di Turnamen Merdeka di Kuala Lumpur Malaysia pada September 1981.

Pada SEA Games Manila 1981 PSSI Utama asuhan pelatih Bernd Fischer finis di peringkat tiga.

Pelatih asal Jerman itu memegang berbagai Timnas sampai tahun 1983, tapi tidak ada gelar juara yang berhasil diraih.

Tahun 1982, Bernd Fischer memimpin tim PSSI Perserikatan ke Turnamen Merdeka di Malaysia dengan pencapaian peringkat empat grup.

Masih di tahun yang sama, Bernd Fischer menjadi pelatih PSSI Pratama yang menempati peringkat tiga di turnamen Merlion Cup di Singapura.

Tahun 1983, Bernd Fischer menjadi penasehat teknis PSSI Utama yang tersingkir di fase grup SEA Games Singapura.

Terakhir, Bernd Fischer memimpin PSSI Selection menghadapi Arsenal (Inggris) dalam laga persahabatan di Senayan dengan hasil akhir kalah 0-5.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!