Persaingan di Posisi Kiper Timnas Senior

Persaingan ketat bakal terjadi dalam perebutan posisi kiper Timnas Indonesia di FIFA Matchday pada 8-16 November 2021 dan Piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022.

Tiga kiper yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk FIFA Matchday pada Oktober 2021 lalu, sekarang memiliki peluang sama besar untuk menjadi nomor satu di Timnas.

Pada Oktober lalu, M. Riyandi lebih diunggulkan karena cukup rutin bermain di kompetisi Liga 1 2021. Sementara Nadeo Argawinata belum pernah main di Liga 1 2021 dan Ernando Ari masih tergolong sebagai kiper baru di Timnas senior.

Terbukti, M. Riyandi terpilih untuk mengawal gawang Timnas di dua laga playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan di Buriram Thailand.

Namun kondisi sekarang sudah berubah.

Nadeo Argawinata sudah rutin bermain bersama Bali United di Liga 1. Bahkan, gawang yang dia kawal tidak kebobolan pada tiga pertandingan terakhir.

Ernando Ari sekarang sangat bisa diperhitungkan sebagai calon nomor satu di Timnas berkat penampilan gemilangnya bersama Timnas U23 di Tajikistan.

Tampil bagus di leg pertama Kualifikasi Piala Asia U23 melawan Australia, Ernando Ari kembali terpilih untuk bermain di pertandingan kedua. Hal ini membuat M. Riyandi yang menjadi pilihan pertama di Timnas senior, hanya menjadi cadangan di laga leg kedua melawan Australia.

M. Riyandi sendiri tidak dimainkan pada leg pertama melawan Australia karena posisinya tidak boleh bermain menyusul kartu merah yang dia terima pada laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U23 2020 melawan Brunei pada tahun 2019.

Selain tiga kiper yang disebut tadi, Shin Tae-yong sangat mungkin memanggil satu atau dua kiper lain untuk TC di Turki. Pasalnya, akan ada 30 pemain yang dibawa ke Turki dan bisa masuk skuad ke Piala AFF.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!