Setelah Nurhidayat Pulang, Timnas Masih Memiliki Lima Bek Tengah

Terhitung sejak 1 Juni 2021 bek tengah Nurhidayat Haji Haris sudah tidak bersama skuad Timnas di Dubai Uni Emirat Arab karena telah dipulangkan oleh pelatih Shin Tae-yong dengan alasan indisipliner.

Padahal sebelumnya Nurhidayat Haji Haris menjadi bagian cukup penting dari Timnas yang sedang bersiap tampil di pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 3-11 Juni 2021 di Dubai.

Sebagai bukti Shin Tae-yong selalu menurunkan Nurhidayat Haji Haris dalam dua pertandingan uji coba melawan Afghanistan (25 Mei) dan Oman (29 Mei).

Bahkan pada pertandingan uji coba melawan Oman, Shin Tae-yong memainkan Nurhidayat sejak menit pertama sampai akhir, berpasangan dengan bek Rizky Ridho di jantung pertahanan Indonesia.

Pada pertandingan sebelumnya, melawan Afghanistan, Nurhidayat Haji Haris bermain di babak kedua setelah menggantikan Rachmat Irianto.

Shin Tae-yong tidak khawatir dengan keputusan memulangkan Nurhidayat Haji Haris. Bagi pelatih asal Korea Seltan itu disiplin adalah yang paling utama.

Selain itu, setelah Nurhidayat Haji Haris pulang, Timnas masih memiliki lima bek tengah. Mereka adalah Andy Setyo, Arif Satria, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Ryuji Utomo.

Jumlah lima bek tengah masih lebih dari cukup untuk mengisi dua tempat di posisi bek tengah dalam formasi 4-4-2 yang diterapkan Shin Tae-yong.

Keputusan Shin Tae-yong juga didukung penuh oleh PSSI.

“PSSI tentu mendukung apa yang dilakukan pelatih Shin Tae-yong. Karena pemain yang melakukan tindakan indisipliner atau tidak baik tentu tidak ada tempat di Timnas Indonesia. Jadi setiap pemain harus terus menunjukkan sikap yang baik, disiplin, dan kerja keras,” kata sekjen PSSI, Yunus Nusi, di laman pssi.org

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!