Sejarah pemanggilan Marc Klok ke Timnas Indonesia

Marc Klok untuk pertama kali mendapat panggilan dari Timnas Indonesia sejak gelandang kelahiran Belanda ini resmi menjadi warga negara Indonesia pada November 2020.

Marc Klok sebelumnya pernah mendapat panggilan dari Timnas pada Mei 2019, menjelang pertandingan persahabatan melawan Yordania dan Kepulauan Vanuatu pada Juni 2019.

Saat itu pelatih Timnas Simon McMenemy memanggil Marc Klok dengan tujuan untuk melihat secara langsung bagaimana dia berlatih bersama Timnas Indonesia.

Ketika itu Simon McMenemy berharap proses naturalisasi Marc Klok segera selesai sehingga bisa dimainkan di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 sejak September 2019.

Namun, proses naturalisasi Marc Klok berjalan lama. Gelandang kelahiran 20 April 1993 ini baru resmi mendapatkan paspor Indonesia pada November 2020.

Berstatus WNI tidak otomatis membuat Marc Klok langsung dipanggil Timnas. Buktinya dia tidak dipanggil mengikuti TC Timnas pada Desember 2020 dan Februari 2021.

Marc Klok akhirnya mendapat panggilan dari Shin Tae-yong setelah tampil gemilang di Piala Menpora. Dia berperan membawa Persija juara dan terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

Nama Marc Klok tercantum dalam daftar 34 pemain untuk TC Timnas menghadapi pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 3-11 Juni 2021 di Uni Emirat Arab.

“Saya bertekad memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia serta mengucapkan terima kasih kepada PSSI dan semua pihak yang telah membantu saya dalam proses naturalisasi. Kami akui peluang lolos ke Piala Dunia 2022 sudah tidak ada tapi kami harus raih hasil yang maksimal dan tentu bekerja keras,” kata Marc Klok di laman pssi.org.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!